Musywil DPW IV ITHLA, HMP BSA Unugiri Kirim 6 Delegasi

6 delegasi HMP BSA Unugiri dalam acara Musyawarah Wilayah DPW IV ITHLA

bsa.ac.id– Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengirim delegasi 6 mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab (HMP BSA) dalam Musyawarah wilayah (Musywil) yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) IV ITHLA (Ittihadu Tholabah Lughotil Arobiyah) di Universitas Yudharta Pasuruan dan Gedung NU Sukorejo, Jumat – Minggu (27-29/10/23).

Acara ini mengusung tema “Satukan Pemikiran dengan Berprogres Bersama untuk Mencapai Integritas”. Adanya kegiatan ini bermaksud menjalin silaturahmi antar mahasiswa bahasa Arab se- DPW IV ITHLA (se- Jawa timur, NTB, Bali). Peserta terdiri dari seluruh pengurus dan mahasiswa bahasa Arab yang tergabung dalam DPW IV ITHLA. Yang mana target jumlah peserta sekitar 200 orang meliputi mahasiswa Bahasa Sastra Arab (BSA) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) serta 39 panitia dari mahasiswa PBA Universitas Yudharta Pasuruan.

Kegiatan hari pertama (27/10/23) yakni, Seminar Nasional berupa Seminar Kebahasaan dengan tema ” Menyelami Dalamnya Samudera Bahasa dan Sastra Arab”. Setelah itu, digelar Seminar Keperempuanan dengan tema “Menjadi Pribadi yang Berkualitas dan Memiliki Integritas? Mari Teladani Tokoh-tokoh Perempuan”. Seluruh agenda seminar ini, dikoordinir oleh Dapertemen Keagamaan DPW IV ITHLA 2022/2023.

Adapun hari berikutnya (28/10/23) yaitu, Musywil yang terdiri dari sharing HMJ, sidang AD/ART, LPJ serta pemilihan ketua dan tim formatur DPW IV ITHLA 2023/2024. Hasil dari Musywil ialah terpilihnya Riyan dari IAIN Madura sebagai ketua umum DPW IV ITHLA 2023/2024.

Sementara itu, hari terakhir (29/10/23) ditutup dengan beberapa sambutan, pengumuman pemenang turnamen mobile legend ITHLA DPW IV, penayangan video serta dokumentasi foto bersama.

Salah satu delegasi HMP BSA Unugiri, I’anatus Sa’diyah, merasakan keseruan dan kesenangan dalam dirinya. “Seru, Senang. Karena mengikuti ITHLA merupakan pengalaman pertama yang tidak terlupakan. Bisa bertemu dengan teman-teman mahasiswa bahasa Arab dari berbagai kampus dan mendapat ilmu baru,” ucapnya setelah mengikuti kegiatan ITHLA DPW IV tersebut.

Adapun 6 Mahasiswa yang didelegasikan dalam acara Musywil tersebut ialah, I’anatus Sa’diyah, Andini Citra Octavia, Siti Irma Firnanda, Dewi Maryam, Mila Asmaul Khusna dan Zunita Indah Liana.

Penulis : Eni Puspita Sari

Editor : Lia Salsabila