Bekali Mahasiswa Semester Akhir, Prodi BSA Gelar Workshop Penulisan Skripsi

Prodi Bahasa dan Sastra Arab Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan workshop penulisan skripsi pada Kamis (23/11/23) yang diadakan di ruang 3.1 gedung Fakultas Syariah dan Adab. Acara tersebut diikuti oleh mahasiswa semester 7 yang berjumlah 20 orang.

Sebelum acara dimulai, Devi Eka Diantika, yang merupakan Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Arab memberikan sebuah pesan pembuka dalam sambutannya.
“Semangat, harus bisa selesaikan skripsi tepat waktu, jangan sampai tertinggal,” ujarnya menyemangati. Ia juga berharap agar para mahasiswa kali ini dapat mengikuti sidang di awal sesi nantinya, yakni pada bulan Mei 2024.

Hal tersebut menjadi pembuka acara workshop penulisan skripsi yang disampaikan oleh Miftahul Mufid, dalam penyampaian materi beliau menjelaskan teknik dan trik mengerjakan skripsi tanpa stress bagi mahasiswa. Ia menyampaikan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi mahasiswa sehingga mereka tidak bisa menyelesaikan skripsinya. Diantaranya seperti kurangnya motivasi, dosen pembimbing yang memiliki jadwal yang padat hingga susah untuk melaksanakan bimbingan dan lain sebagainya. Tak lupa, ia juga memberikan solusi agar mahasiswa bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu.

“Yang paling penting itu kuatkan niat, buat rencana yang baik, rajin bimbingan dan bertanya,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan bagaimana cara membuat kerangka penulisan proposal skripsi yang benar bagi mahasiswa BSA, ia mengajarkan teknik mendelay, cara mencari jurnal dan artikel untuk memudahkan mengerjakan skripsi.

Sebelum acara berakhir, Mufid, sapaan akrabnya, juga menyampaikan bahwa mengerjakan skripsi itu mudah, hanya saja harus mempunyai target untuk menyelesaikan skripsi tepat waktu.
“Skripsi yang baik itu yang dapat mengikuti sidang skripsi di gelombang satu, dan lagi skripsi itu butuh ditulis tidak hanya diangan-angan saja,” jelasnya di akhir materi utama.

Acara tersebut berjalan dengan khidmat dan diakhiri dengan tanya jawab bersama mahasiswa. (*)

Teks : Lutfi Shofiana Syafna P.
Editor : Husnul Khotimah