Gait Mahasiswa Baru, Arabic Goes to School Solusinya!

bsa.ac.id – Himpunan Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (HMP BSA) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (Unugiri) menyelenggarakan kunjungan ke sekolah-sekolah sekitar Bojonegoro serta lingkup alumni pada Rabu-Selasa (6-12/12/23).

Kegiatan yang disebut dengan Arabic Goes to School ini, bertujuan untuk menggait calon mahasiswa baru prodi BSA serta mengenalkan kepada siswa SMA/sederajat bahwa bahasa Arab tidak sesulit yang dikira oleh kebanyakan orang.

Dalam pengenalan ini, HMP BSA menggunakan pendekatan yang membuat siswa lebih rileks dan terhibur. Diantaranya melalui permainan, nyanyian bahasa Arab dan pemberian souvenir yang lucu dan beridentitas kegiatan tersebut.

Adapun Siti Irma Firnanda selaku ketua pelaksana mengaku awal mengaturnya dan mempersiapkan kegiatannya cukup sulit, tapi seiring berjalannya waktu semua berjalan dengan baik.

“Awalnya susah, ribet. Tapi alhamdulilah semua berjalan dengan baik. Mungkin ada sedikit kendala terkait kurang kerjasamanya dari tim kelompok masing-masing.” Terangnya.

Disamping itu, Mohammad Luthfi Asrori selaku Ketua Umum HMP BSA merasa lebih semangat atas antusiasme para siswa yang didatangi. “Antusiasme yang luar biasa dari para siswa membuat Tim Arabic dari HMP BSA lebih bersemangat untuk menyemarakkan acara ini.” Ucapnya.

“Ya walaupun banyak diantara mereka yang belum paham betul dengan bahasa Arab, setidaknya ada rasa cinta yang luar biasa dari mereka. Mengingat bahwa bahasa Arab merupakan bagian dari agama Islam.” Tambahnya.

Adapun sekolah yang dikunjungi yaitu, MA Abu Darrin, MAN 1, MAN 2, MA Sirojul Hikmah Bendo, MA Darussalam Dungmas Sumberejo, MA Sunan Bonang Ponco Tuban, MA Asy Syakur Nglingi Ngasem, MA Islamiyah Balen, SMK Plus Al Hadi Rengel, MA Internasional Mumtaza Dander, MA Manbaul Ulum Wadang Ngasem, SMK Matholiul Anwar Rengel, SMA Alfattah Kalitidu.

Penulis : Lia Salsabila