Peringati Hari Bahasa Arab Sedunia, HMP BSA Undang Penyair Muda dalam Webinar

bsa.ac.id – Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (Unugiri) sukses menggelar webinar dalam memperingati Hari Bahasa Arab Sedunia dengan tema “Bahasa Arab Merealisasikan Perdamaian Abadi” yang dilaksanakan virtual melalui zoom meeting pada Senin (19/12/2023).

Webinar yang diperuntukkan umum tersebut, mendatangkan dua pemateri. Pemateri pertama oleh Dosen BSA Unugiri yakni Mas Tajuddin Ahmad, M. Hum. Sedangkan pemateri kedua oleh penyair muda, Kudus CO Founder Al-muallaqot Indonesia, pengarang buku Tanzimal Cinta, penyair tanpa syair yakni Maulana Achmad Zaenal.

Faizul Abadi selaku ketua pelaksana menjelaskan salah satu tujuan diadakannya webinar tersebut ialah agar bahasa Arab dapat dianggap sebagai bahasa yang indah dan mudah untuk dipelajari. “Webinar ini merupakan sebuah ajang yang nantinya diharapkan bahasa Arab akan dianggap sebagai bahasa yang indah dan mudah untuk dipelajari.” Jelasnya.

Disamping itu, Ketua HMP BSA Unugiri, Luthfi Asrori dalam sambutannya merasa bersyukur atas terlaksananya kegiatan tersebut. “Saya sangat bersyukur. Acara webinar bisa digelar walaupun via zoom. Kedepannya, semoga bisa mengundang pemateri ‘bang Zen’, untuk hadir langsung ke Unugiri. Dengan demikian, nantinya dapat sama-sama belajar tentang cipta baca puisi,” ujar ketua HMP BSA.

Dalam paparan materinya, Mas Tajuddin Ahmad menyampaikan konteks bahasa Arab di dunia termasuk Indonesia dan Timur Tengah. Menurutnya, bahasa Arab telah menjadi sarana media penyampaian aspirasi negara-negara Arab dan juga menjadi bahasa resmi PBB.

Adapun Maulana Achmad Zaenal menjelaskan tentang konsep berpuisi. Mulai dari unsur-unsur dalam puisi, ragam seni membaca puisi, serta sudut pandang puisi dalam sastra Arab. Sosok yang diberi gelar penyair muda tersebut, turut memperlihatkan karya-karya puisinya diakhir penyampaiannya.

Penulis: Eni Puspita Sari